Yakin Kamu Tahu Jilbab Itu Apa?

Kalo mau ngomongin fashion, ga lepas dari busana, pakaian, lifestyle. Dan kalo ngomongin busana di Indonesia ga lepas dari fashion muslimahnya yang 'menutup aurat.'
.
Kalo ngomongin aurat wanita, ada yang seneng, ada yang biasa, ada pula yang males nih. Tapi karena pengen bahas busana jilbab, maka memang harus dimulai dari aurat dulu. 
Aurat itu adalah bagian tubuh yang tidak boleh dikonsumsi mata publik. Untuk wanita, aurat adalah semua tubuh kecuali MUKA dan TELAPAK TANGAN. 
Jadi, kalo ada bagian yang masih keliatan kecuali dua itu, itu namanya sist lagi 'umbar' diri gretongan. hihi
.
Girls, pasti akrab kan ama istilah baju/pakaian/gamis syar'i? Apa yang melintas di pikiran kalian kalo udah denger itu? Pasti kerudung lebar, gamis besar menjuntai hampir ke tanah, yah ga jauh-jauh dari begitulah. Terus apa bedanya ama baju yang selama ini kebanyakan cewek Indonesia pake? Sama-sama nutup kan?
Ternyata menutup aurat itu ada syarat-syaratnya loh..
.
1. Menutup Aurat harus dilakukan sampai warna kulit tertutup sempurna. Jadi ucapkan selamat tinggal pada baju-baju dan kerudung-kerudung terawangmu yang masih bisa 'nembus', kalo sayang dibuang, pake baju/kerudung rangkap. 
.
2. Pakaian keluar rumah BERBEDA dengan menutup aurat. Nah loh maksudnya? Meski udah menutup aurat belum tentu boleh keluar rumah? Yup benar!
Seperti yang tadi saya tulis, menutup aurat itu maksudnya cuma muka/wajah dan telapak tangan aja yang boleh ketahuan, dan pakaiannya ga boleh terawang. Sedangkan mengenai bentuk pakaian menutup aurat bisa saja beragam, misal celana jeans, blazer, celana, atasan, blouse, crop top dkk

Hanya saja ketika seorang wanita muslimah keluar rumah, maka ia tidak boleh pergi dengan sembarang pakaian sekalipun itu sudah menutup auratnya, akan tetapi, ia wajib mengenakan KHIMAR dan JILBAB yang dikenakan DI ATAS pakaian biasanya.
.
3. Pakaian biasa yang dimaksud di sini adalah pakaian rumah, BUKAN pakaian dalam yang mini-mini itu ya. Pakaian rumah ini bisa daster, kaos atau pakaian menutup aurat yang saya sebutin di poin nomer 2. 

Jadi, kalo mau diurut, pakaian seorang muslimah itu seperti ini kira-kira : (a) pakaian dalam yang menempel pada kulit - (b) pakaian rumah - (c) khimar dan jilbab - (c.1) kaos kaki


4. KHIMAR diambil dari bahasa arab yang redaksinya ada di surat An-Nur Ayat 31 (Ayat yang menjelaskan perintah mengenakan khimar)

...walyadribna bikhumurihinna AAala juyoobihinna...

Artinya : ... dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya..

Khumurihinna adalah bentuk jamak dari khimaar, yang berarti apa-apa yang digunakan wanita untuk menutupi kepalanya. Makna ayat ini adalah hendaknya wanita itu menjulurkan kerudungnya di atas dada mereka; yang dengan itu, mereka bisa menutup rambut, anting-anting dan leher mereka.
.
5. JILBAB diambil dari bahasa arab yang redaksinya ada di surat Al-Ahzab ayat 59 (Ayat yang menjelaskan perintah mengenakan jilbab)

Ya ayyuha alnnabiyyu qul liazwajika wabanatika wanisai almumineena yudneena AAalayhinna min jalabeebihinna thalika adna an yuAArafna fala yuthayna wakana Allahu ghafooran raheeman

Artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

Jalabeebihinna ini yang kemudian di Indonesia diserap menjadi jilbab, tapi sayangnya banyak yang salah kaprah mengartikan atau mendefinisikan dengan penutup kepala. Padahal kalo menurut terjemah bahasa arabnya jilbab adalah baju atau pakaian longgar bagi wanita yang seperti terowongan atau lorong yang dapat menutupi pakaian kesehariannya. (pakaian dalam dan pakaian rumah di poin 2 tadi)
Kalo kita kebanyakan menyebutnya dengan gamis.


Jadi, kakak shalihah begitu deh ceritanya. perkembangan fashion sekarang emang hebring ya, apalagi dengan masuknya pengaruh dari luar yang begitu bebas. Terkadang kita lupa kalo muslimah punya fashion sendiri yang khas dan unik. :)
.
Nah buat yang lain, bener ga pengertianmu akan jilbab selama ini???
.
Jember, 25 September 17
YHH
.
x

4 comments:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)