ANTARA BLOGGER PEREMPUAN DAN DAKWAHNYA

Generasi muda adalah aset bangsa. Lebih daripada itu, mereka adalah aset ummat yang akan memiliki peran dalam menyumbang pembangunan peradaban Islam. Untuk itu siapapun wajib belajar, menimba ilmu apa saja dalam mengisi kehidupan ini. Ya kehidupan, bukan hanya mengisi kemerdekaan yaa.
.
Ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh para pemudadan pemudi (include saya juga maksudnya, meskipun udah emak-emak. Hahaha), termasuk belajar ngeblog. Yup! Ketika kita mendengar kata ngeblog pasti akan terpikirkan pada seseorang yang kerjanya nulis di blog. Emang iya!

.
Tapi, seperti dua syarat diterimanya amal ibadah yakni : niat yang benar dan cara yang benar. Dalam ngeblog juga ada ilmu yang wajib ain untuk dipelajari, jadi bukan hanya sekedar nulis aja.
.
Ini adalah pengalaman saya ketika mengikuti sesi BELAJAR NGEBLOG BARENG BP (Blogger Perempuan) NETWORK.
.
Jadi, ceritanya teman baru dikajian saya adalah seorang fulltime blogger sekaligus founder BJS (Blogger Jember Sueger) di Minggu, 27 Agustus 2017 kemarin di Green Hill Rembangan Jember, sebut saja nama teman saya ini Prita Hw (Ini nama asli ding, bukan nama samaran apalagi nama bulpen – karena nama pena terlalu mainstream)
.
Sebenarnya kalo dibilang pendatang baru di dunia blogging, saya sih ga baru-baru amat. Udah lama punya blog, banyak malah, alias suka ganti-ganti. Karena menurut saya menulis bisa dimana saja, apalagi dengan banyak akun media sosial yang saya punya. Sumpah deh sampe bingung mau nulis dimana. Saking bingungnya, alhasil banyak tulisan yang ga kelar-kelar. hahaha
.
Di acara ini hadir seorang narasumber yang cukup termashyur dalam dunia blogging, seorang profesional blogger, mbak Shintaries namanya (klik shintaries.com). kalo sudah ada kata profesional, dalam pikiran saya, yang dia lakukan sudah setara profesi atau pengusaha. Karena memang yang namanya udah jadi profesional blogger berarti dia telah berhasil membuat blognya sebagai sumber penghasilan. Doble keren kan? Buat yang suka nulis (termasuk saya) pasti ada lah keinginan untuk menjadikan hobi/passion sebagai sumber kehidupan. Bikin hidup jadi lebih hidup kan?

Layaknya orang yang berhijrah, tidak ada proses yang instant. Tiba-tiba jadi sholih atau tiba-tiba jadi sholihah gitu. Harus banyak mengkaji dulu. Agar pemikirannya geser ke kanan (berpemikiran Islam)
.
Ternyata dalam dunia blogging pun begitu, ga ada yang namanya tiba-tiba jadi profesional blogger. Hanya karena bisa nulis dan punya blog belum tentu bisa mendapat hasil memuaskan secara tiba-tiba. Calon profesional blogger harus belajar ilmunya dulu.
.
Dalam kesempatan ini, mbak Shintaries membagi pengetahuannya dan atau pengalamannya sebagai profesional blogger, termasuk tips-tips menjadi profesional blogger sukses. Beliau banyak bercerita tentang Template, SEO On Page and Off Page, Endorse Produk, Afiliasi Blog dan kawan-kawannya yang banyak itu dah.
.
Terus terang, saya kurang puas dengan acara ini, rasa kurang puas ini sama kaya ketika saya ikut kajian, semakin kita belajar, kita semakin tahu dan menyadari bahwa selama ini kita tidak tahu apa-apa. Jadi, kayaknya saya butuh privat nih mbak Prita Hw. Hehehe
.
Sudah bisa membayangkan bagaimana kesempatan yang terbuka dari sebuah blog bukan? Dari sebuah blog kita bisa menulis, berkarya, membangun relasi, membangun bisnis, bahkanyang utama adalah berdakwah. Karena apapun yang kita lakukan di dunia ini, hanya untuk satu alasan : Beribadah kepada Allah SWT (Pertanyaan kedua dari 3 simpul pertanyaan mendasar dalam hidup).
.
Jika dalam dunia blogging saja kita harus belajar agar bisa menjadi profesional blogger, tentu belajar ilmu agama jauh lebih penting lagi. Apalagi bisa menjadikan blog sebagai media dakwah. Mudah-mudahan bisa membuka jalan menuju the Jannah. Ga lucu kan kalo ngotot pengen jadi profesional blogger malah buntung setelah dimakan belatung. Hii..
.
Islam itu mudah, dalam hal apapun hukumnya bisa diterapkan, pan meliputi Dimensi One-Two-Three, kalo ada yang merasa sulit dan tidak bisa diterapkan mungkin dia mainnya kurang jauh. Boleh lah kalo dilempar ke benua sebelah. Hehehe
.
Sebenernya masih pengen nulis panjang, tapi capek. Sengaja ga saya post di blog, karena blognya mau dibinasakan. Tunggu diprivat ama mbak ini dulu, colek Prita Hw
.
Selamat malam. 
.
Jember, 28 Agustus 17
YHH
.

8 comments:

  1. Semangat blogging mbak biar sperti blogger profesional seperti mbak Shintaries, aku juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ini masih ngoprek2 tampilannya. ternyata susah banget yaa

      Delete
  2. Menjadi profesional blogger memang butuh proses.

    Sebenernya masih pengen nulis panjang, tapi capek. Sengaja ga saya post di blog, karena blognya mau dibinasakan <-- mau bikin blog baru ya? :)

    ReplyDelete
  3. Ga jadi mbak Lianny, udah diprivat ama mbak prita. ganti isi, tampilan dan beli domain aja katanya. hehehe

    ReplyDelete
  4. Iya betul. Aku setuju banget. :) Dari blog yang bersifat peronal, kita bisa menuangkan apa saja dan bisa dibaca banyak orang. Sampaikan manfaat dari tulisan kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terima kasih ya. masih pusing ini mau ngoprek gmn dan apa lagi. mau ngajarin juga ga? #peace

      Delete
  5. Semangaat ngeblognya yaa mbk :) semoga semakin produktif dan istiqomah dalam berdakwah melalui tulisan dan menjadi professional blogger. Aamiin

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)