'GOBLIN' dan 3 Simpul

Meskipun udah selesai tayang, Goblin menjadi salah satu drama korea yang nge-hits. Di korea sendiri drama ini punya rating tinggi, para pemain drama ini adalah aktor yang punya popularitas tinggi. Tapi bagi saya, tentu yang menarik adalah ceritanya.
.
Di episode 07, ada scene yang menarik, percakapan antara Sungjae BTOB dan Lee Dong Wook (Pake nama asli mereka ya, lupa nama perannya) tentang Gong Yoo yang dikira ‘mati’. Sungjae sedih kehilangan pamannya dan menangis, kemudian LDW menghibur dengan mengatakan “Jangan sedih terlalu lama, semuanya akan mati. Kematian hanyalah melewati pintu di sisi yang lainnya.”


Bagi yang nonton drama ini, pasti tahu kalo tugas LDW sebagai malaikat kematian adalah mendampingi ruh manusia sebelum melewati pintu tsb.
.
Di dalam Islam, pintu itu dan malaikat kematian seperti LDW itu ga ada. Tapi kita meyakini adanya akhirat. 
.
Adegan ini sedikit banyak mengingatkan saya pada 3 pertanyaan simpul (Uqdatul Qubro) yang pernah saya dapatkan dari ustadzah saya.
Di dunia ini, ada 3 macam manusia pula yang akan menjawab 3 pertanyaan tersebut dengan sudut pandang yang berbeda.
.
1.       Dari mana kita berasal?
-          Manusia jenis pertama adalah golongan orang-orang yang tidak percaya adanya Tuhan, akan menjawab bahwa manusia itu berasal dari materi, dari sebuah ledakan besar yang kebetulan terjadi.
-          Manusia jenis kedua adalah golongan orang-orang yang percaya bahwa ada Tuhan sebagai Maha Pencipta.
-          Manusia jenis ketiga sama dengan manusia jenis kedua adalah golongan yang percaya bahwa manusia berasal dari proses penciptaan oleh Tuhan.

2.       Untuk apa kita hidup?
-          Manusia jenis pertama akan menjawab hidup ini untuk dijalani sesuai keinginannya, karena baginya tak ada Tuhan, maka dia merasa tak perlu terikat pada aturan apapun.
-          Manusia jenis kedua, meskipun yakin adanya Tuhan, namun dia memberikan Tuhan porsi tertentu untuk mengatur kehidupannya.
-          Manusia jenis ketiga, karena merasa diciptakan oleh Tuhan, maka ia hidup untuk beribadah kepada Tuhan.

3.       Kemana kita setelah mati?
-          Manusia jenis pertama, akan menjawab bahwa ketika mati akan kembali ke materi.
-          Manusia jenis kedua, menjawab ketika mati akan kembali kepada Tuhan, umumnya dalam keadaan baik versi mereka.
-          Manusia jenis ketiga, sekali lagi sama dengan manusia jenis kedua, mereka percaya akan kembali pada Tuhan, untuk mempertanggungjawabkan ‘ibadah’ yang sudah ia kerjakan selama hidup.

Entah masuk manusia jenis keberapa dirimu, yang jelas hanya manusia jenis ketiga saja yang jawabannya sambung-menyambung menjadi satu. Kehidupan manusia dengan sebelumnya terikat dengan hubungan penciptaan, perintah dan larangan. Kehidupan dunia dengan sesudahnya terikat dengan kebangkitan dan perhitungan.
.
Di dunia ini, tidak ada penciptaan yang kebetulan terjadi tanpa ada Maha Pencipta yang memiliki kekuatan untuk melakukannya, dan tidak mungkin ada yang menciptakan sesuatu dengan sengaja tanpa ada tujuannya, dan tidak mungkin pula sesuatu yang telah diciptakan dengan tujuan tertentu tidak akan dilakukan evaluasi ketika telah selesai masanya. Inilah manusia jenis ketiga. Inilah manusia Islam.
.
Jember, 13 September 17
YHH
.


2 comments:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)