Balada Bisal-Bisul

Si Bisul lagi jadi maradona. Gegara merambat ke daerah istana. Eh apaan sih Bisul itu? 
.
Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus Aureus. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Bakteri dari bisul atau karbunkel terkadang bisa menyebar ke bagian lain tubuh. Bila menyebar di lapisan kulit akan timbul selulitis, impetigo (luka melepuh), bahkan dapat menyebar ke tulang (osteomielitis).


Penyebaran ini akan memicu terjadinya sepsis yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ-organ tubuh, misalnya jantung. Selain itu, bisul juga umumnya dapat menimbulkan bekas luka.
.
Bagian tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong dan paha karena merupakan daerah yang sering mengalami gesekan dan mudah berkeringat.
.
Meskipun begitu, sebenarnya bisul adalah kondisi yang jarang membutuhkan penanganan medis oleh dokter, karena bisa sembuh dengan sendirinya.
.
Cerita tentang bisul, ternyata sejak jaman dahulu kala, bisul selalu berkaitan dengan istana. Di Jaman kerajaan Majapahit tepatnya di masa Prabu Jayanegara, bisul merupakan bagian dari cerita kematiannya. Ya, Prabu Jayanegara konon (katanya) di bunuh oleh Ra Tanca, sang tabib istana, saat sedang (berpura-pura) mengobati bisul sang raja. Ra Tanca pun mati di tangan satu-satunya saksi (?) pada saat itu yaitu Gajah Mada.


689 tahun sejak kematian Jayanegara alias jaman Now, bisul pun punya cerita dari istana. Saat beberapa petinggi dengan alasan bisul tidak bisa (atau tidak mau) berhadapan dengan rakyat di suatu persidangan (About 2/2017).
.
Sebenarnya, bukan pertama kali papah-papah penguasa tetiba sakit supaya bisa jadi alasan untuk lari dari persidangan, entah itu sakit bisul atau sakit malatipoe lainnya. Entah itu sidang melawan rakyat atau sidang membedah kejahatannya. Kalo kata emak-emak penunggu sinetron, "Emang begitu dramanya."
.
Cuma mau ngomong, buat papah yang masih suka sakit begituan, hati-hati, papah itu punya ratusan juta rakyat yang sayang ama papah, kalo tahu papah suka sakit begitu, biasanya suka didoain ama rakyat "Semoga papah cepat sembuh", tapi kalo sakitnya ga beneran, bisa jadi ntar sakitnya dijadiin beneran dulu, biar bisa dikasi kesembuhan ama Tuhan. :D
Takutnya sebelum jatah sembuh datang, doanya udah ga ada karena trending topic udah ganti lagi. :D :D
.
Tapi cerita bisul ga melulu jelek kok. Panglima besar Saad Bin Abi Waqash menaklukkan Persia dengan memimpin pasukannya dalam keadaan tubuh penuh bisul, bahkan sampai ga bisa menunggang kuda, bahkan jalan sampai harus merangkak kesakitan. -Perang Qadasiyah-


Papah, saya yakin bisul situ ga akan segenting bisul Panglima Saad Bin Abi Waqash saat perang Qadasiyah, tapi beliau tetap memimpin perang dengan memberikan komando dari atap sebuah ruamh yang terletak di atas bukit.
.
Nah situ, menghadiri sidang aja sebenarnya ga perlu jalan kaki kan? Jangan-jangan papah lupa apa arti genting itu?
.
Jember, 06 Oktober 17
YHH
.

0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)