Taman Botani Sukorambi, Rekreasi Keluarga Makin Happy



Taman Botani Jember merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jember. Meskipun begitu, selama 28 tahun hidup di Jember, saya baru 2 (dua) kali bertandang ke sana. Pertama, ketika masih muda (eh, sekarang juga masih muda yess) alias masih umur belasan kala itu. Dan sekarang saya sudah lupa saat itu pergi dengan siapa dan samar-samar mengingat seperti apa taman botani.



Kalo soal lokasi, jangan ditanya. Jangankan Taman Botani, kadang tempat tertentu yang menurut orang lain udah biasa di datangi, saya melongo aja karena ga ngerti. Duh, segitunya yaa. Mainnya kurang jauh, padahal Jember makin rame dan tempat main makin kece.
..
Tapi pada suatu hari nan cerah dan membahagiakan (karena suami lagi datang). Hehe
Akhirnya keturutan juga ke Taman Botani jaman kekinian. Pertama kali datang, hal yang terpikirkan di otak kala itu, “Oke, Taman Botani luas banget. Kira-kira kalo dijadikan perumahan bisa dapet berapa rumah nih ya?” Hihi


Secara, luas Taman Botani Sukorambi ini kebangetan, sekitar 12 hektar. (Hihi maafkan buat yang merasa saya hiperbola, maklum yang nulis excited karena baru pertama kali ke Botani, pengalaman dahulu kala diabaikan yess)


Di taman seluas itu kita bisa menikmati berbagai fasilitas dan sarana yang pasti bikin Happy kalo kita datang ke sana dengan keluarga. Ada kolam renang buat anak, restoran, muslimah area, rumah pohon, dan banyak hal lain yang rasanya ga bisa selesai kalo mau dinikmati dalam sehari. Spot-spot foto di sana juga sayang bila dilewatkan dan jangan lupakan bagaimana suasana teduh dan asri bisa terasa setiap kali kita berjalan. Apalagi di bagian belakang kita bisa melihat hamparan sawah yang indah bak lukisan.
..
Ketika kami datang ke sana (08/05), salah satu agendanya memang untuk menyenangkan anak yang pengin berenang. Meskipun bukan weekend, tapi Botani tetap tak pernah sepi para pengunjung. Bertepatan di hari itu mungkin ada rombongan sekolah yang sedang ‘rekreasi’ sehingga cukup ramai buat saya. Si Radit juga awalnya risih karena banyak anak di kolam renang, namun akhirnya ia senang dan enjoy juga. J Teman sebelah berbisik, “Kalo weekend lebih rame dari ini loh..”
Saya cuma bisa bilang “wow.. taman ini bener2 paporit”


Saya pernah membaca soal kamar mandi di Botani, katanya kamar mandi Taman Botani itu bersih. Dan bener loh, emang bersih kok. Padahal biasanya kalo tempat wisata, tempat private kaya gitu ada aja ‘ga enak’-nya.


Tiket masuk juga murah, Cuma Rp. 12.000,- di hari kerja dan Rp. 20.000,- di akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu). Hanya saja kalau datang di hari kerja, di restoran tidak ada nasi. Padahal waktu itu perut kami (saya aja kali hihi) udah keroncongan, akhirnya mie instant jadi pelampiasan.
..
Perjalanan kami hari itu akhirnya berakhir dengan perjuangan menaiki tangga berliku. Golf Cart pada waktu itu menghilang dari pandangan. Mungkin, sedang sibuk meniti kehidupan. #Eh


Sebelum akhirnya benar-benar pulang, ada kamar hidroponik yang kami kunjungi. Hijaunya sayuran mengalahkan hijaunya uang kertas lembaran, berasa pengin dipetik. Tapi ga jadi, karena ga tahu harus gimana masaknya. Akhirnya saya putuskan untuk memberi mereka kesempatan hidup lebih lama.
Bagi yang ingin ke sana, silakan meluncur ke Jln. Mujahir Sukorambi. Taman ini buka setiap hari mulai jam 17.00-16.00 kecuali hari Jumat. Saya sendiri berharap bisa kembali ke sana dan menikmati sarana dan wahana lain yang belum sempat dilirik, misalnya berkuda, memancing, flying fox, sate kelinci dll.


Oh ya, di Taman Botani Sukorambi, ada space-space yang bisa dan cocok dipake buat camping atau acara bersama misal meeting, gathering dll. Pokoknya asyik dan mendukung deh ;)
..
Kalian, udah pada kesana belum??
..
Jember, 19 Mei 2018
Helmiyatul Hidayati



======================================================
Nb. Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger.

3 comments:

  1. asyik banget main disini kak,segerrrrrr dan ademmmm hehehe

    ReplyDelete
  2. kurang waktunya ya kl cuma explore sehari :) Tengkyu udh ikutan yaaaa

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)