Memperingati Hari Kartini dengan Belajar Berdaya Bersama AlfaMart, TJI dan Para Bidadari Jember


Di korea selatan, April itu nama salah satu girl group di sana. (#Eh ) Tapi di Indonesia, bulan April itu bisa dikatakan bulannya perempuan. Kenapa? Konon katanya, ibu Kita Kartini lahir di bulan April tepatnya tanggal 21 April 1879. Maaf saya bilang katanya, belum pernah liat akte beliau. Hihi


Umumnya kalo sudah memasuki bulan April, semuanya berbau Kartini. Perjuangannya diceritakan, ciri khas dandanannya di-karnaval-kan, timeline medsos berseliweran ‘merayakan’ ulang tahun beliau, ada yang bikin gambar, iklan, giveaway, kisah, tulisan inspirasi dsb.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat memang patut di apresiasi, ia tak takut untuk menjadi berbeda dengan adatnya yang sudah terlanjur mapan. Ia juga menginspirasi gurunya, Kyai Sholeh Darat untuk menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa, agar lebih mudah dipelajari, sehingga orang-orang tidak hanya belajar mengaji tapi juga mengkaji.


Meskipun malang, hanya 13 Juz yang selesai diterjemahkan, mulai dari surat Al-Fatihah hingga surat Ibrahim, sebelum akhirnya Kyai Sholeh meninggal dunia. Andaikan ibunda Kartini khatam mengaji, tentu ia tak segan untuk menerapkan ajaran islam dan menjadi inspirasi wanita shalihah masa kini, agar menjadi calon bidadari-bidadari surga kelak nanti. #Eyaaa

Agar kekinian juga, dan berdaya seperti Kartini, AlfaMart bekerjasama dengan The Jannah Institute menyelenggarakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat –Khusus Perempuan-. Acara yang dilaksanakan di Rumpi-Rumpi RESTO Home and Caffe pada Kamis, 19 April 2018 ini juga didukung oleh komunitas emak-emak kece badai di Bidadari Jember.

Pidato pembuka dari Yosia Andika, Branch Manager jaringan toko swalayan milik PT. Sumber Alfaria Trijaya Rayon Tapal Kuda, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan tangung jawab sosial perusahaan, atau istilah kerennya CSR (Coorporate Social Responsibility). Harapannya AlfaMart menjadi semakin dekat di hati masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Jember pada khususnya.


Karena namanya pelatihan pemberdayaan, maka tentu ada simulasi membuat suatu karya, dimana sesi ini dipimpin oleh Dewi Uje, seorang pengusaha HandCraft undangan unik dari serbuk kayu. Doi merupakan owner dari Mayar Shopping. Wah, contoh undangan yang diperlihatkan oleh pengusaha yang baru pindah di Jember sejak tahun 2011 ini bikin mupeng, bikin pengen nikah lagi. Dengan orang yang sama tapi.. hihi

Ternyata membuat undangan unik dari serbuk kayu itu menyenangkan dan ga susah-susah amat. Mungkin masih lebih susah soal UNBK yang bikin pusing jagat dunia pendidikan Indonesia. Tapi ga kebayang juga kalo dapet pesanan banyak, pasti bikin lelah hayati, karena yang namanya karya handmade harus dibuat dengan teliti one by one. Etapi yang namanya usaha dan kerja keras emang ada yang mudah? Pengen masuk surga aja jalan terjal menghadang dan menghalangi. Iya ga sih? Iya banget lahh..

Sesi selanjutnya diisi oleh seorang yang akhir-akhir ini sering ketemu dengan saya. Sepertinya kalo ga ketemu dengan saya, dia bakal kangen. /Haha/ Kak Prita HW memberikan materi tentang menulis caption yang menarik untuk media sosial, khususnya instagram.
Dapet materi ini, saya berasa kaya ikan baru ketemu ama air. Dari dulu emang pengin bisa ‘meracik’ instagram biar lebih kece, karena pengen punya online shop serius.


Pada kesempatan kali ini, mamah muda yang baru melahirkan 3 bulan lalu ini memberikan wawasan bagaimana seharusnya postingan yang bagus atau sempurna pada akun instagram kita. Dia juga memberikan beberapa tips menulis caption di isntagram misalnya :
1.)    Penggunaan konsep dengan matang;
2.)    Caption dengan nafas soft selling;
3.)    Image dan caption memiliki keterkaitan (benang merah);
4.)    Menggunakan bahasa sehari-hari dan
5.)    Terdapat kata-kata interaktif yang bisa menimbulkan komunikasi dua arah.

Tak kalah kecenya, materi ketiga disampaikan oleh tim AlfaMart, yakni Vina, yang merupakan seorang Manager Merchandising berpengalaman di sana. Pada kesempatan ini, kita jadi tahu kalo ada visi AlfaMart untuk masyarakat Indonesia yang patut untuk disambut baik, yaitu mewadahi produk lokal. Hal ini telah dilakukan pada beberapa produk yang tidak asing di telinga kita, misalnya Kripik MAICIH Bandung, Krupuk Kemplang Palembang dll.

Tentunya kalo mau produk kita ‘mejeng’ di AlfaMart, ada beberapa kriteria yang menjadi maharnya, misalnya :
1.       Kesesuaian segmen AlfaMart
2.       Ketersediaan tempat
3.       Potensi permintaan pasar
4.       Tren penjualan barang
5.       Keterkaitan kategori barang
6.       Dukungan atas ketersediaan barang.


Nah, susah ga sih supaya produk kita bisa mejeng di sana? Sebenarnya kita ga bakal tahu itu susah atau enggak kalo belum dicoba. Adanya kesempatan-kesempatan seperti ini tentu sangat membantu untuk para bunda atau calon bunda shalihah yang ingin menuntaskan tugas domestiknya dengan sempurna. Karena kesempurnaan kita dalam melakukan tugas domestik akan mempengaruhi tugas negara. Ciyeee penulisnya baru pulang dari seminar parenting, jadi masih kebayang-bayang pelajaran dari pemateri.

Dan acara ini seru pake banget! Kenapa? Karena saya pulang dengan mambawa 2 (dua) bingkisan. Yang satu dapet karena jadi 1 (satu) dari 5 (lima) penulis caption terbaik di instagram, isinya lumayan loh ada kerudung, mug, aqua botol dan gula. Lumayan, kata suami si gula biar daku makin manis.. Eyaaa..

Seperti yang saya bilang di instagram, kita belajar berdaya hari ini, semoga bermanfaat bagi ummat. Dan bisa membuat kita pantas menjadi bidadari yang sesungguhnya nanti. Setuju yess..

Jember, 22 Apr. 18
Helmiyatul Hidayati

16 comments:

  1. Setuju...

    Mbak Helmi.. jangan nikah yg kedua. Resepsi yang kedua aja tepatnya mungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sih ya, tepatnya resepsi yaa.. Hihi

      Delete
  2. Eh sama dong kita, bawa pulang 2 bingkisan, hihihi

    ReplyDelete
  3. Ada tentang yang berbau Korea Selatan lagi kayak postingan pas itu wkwk aku googling lagi nih April itu kayak apa mbak. 🤣 Yang muncul musim di korea pas bulan April.

    Setuju. Jadi bidadari nanti eh tapi sama sekarang juga kalau bisa sih. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Searchingnya begini : girl group April

      Hehehe

      Delete
  4. wah makasih mbak helmi, jadi tau gimana cara nulis kepsyen yang berbobot

    ReplyDelete
  5. Girl band bidadari yang ada wkwkkw...kece...kece...tulisannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan perjuanganmu mbak nana.. Perjuangan membentuk girl group.. Hehe

      Delete
  6. Mbak, sama dapet bingkisan dua.. rejeki istri Sholeha #eh..

    Btw fokus ke kontroversi kartini habis baca pemaparannya om Ali Muachir. Jadi merasa bersyukur masih bisa menimba ilmu terus di usia menjelang 30

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gimana ulasan ali muachir mbak?? Sharing doonnggg

      Delete
  7. kok aku belum komen sih disini, perasaan udah :)Para bidadari surga, sejuk banget dengernya ya. Semoga acara ini bisa memberi inspirasi baru selain bingkisan yg dibawa pulang #eh

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)