Road To SPI312 : Bag 11 Membangun Keluarga Harmonis


Road To SPI312 : Bag 11
Membangun Keluarga Harmonis
..
Assalamualaykum..
Dear SmartParents..
..
Memiliki keluarga harmonis adalah impian semua orang. Ketika seseorang baru menikah dengan pasangannya, orang lain akan mendoakan agar mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Namun belum tentu juga orang tahu benar apa maknanya.
..
Rumah tangga diciptakan untuk membangun sakinah (kenyamanan/ketentraman). Dimana hal ini akan tercipta ketika suami-istri saling menguatkan saat yang lain sedang rapuh. Saling menopang di saat yang lain terpuruk. Bukan membiarkannya berjalan sendiri-sendiri, tidak peduli seberapa hebatnya si suami atau si istri.
..
Pernikahan juga dilangsungkan untuk menciptakan ‘mawaddah’ (penih cinta dan kasih sayang). Keterbukaan dan saling percaya merupakan kunci penting di sini. Juga jangan pernah lepas untuk saling Tholnul ‘Ilmi (menuntut ilmu agama)
..
Rumah tangga dibangun untuk mendapat Rahmah (rahmat, ridha, karunia dan belas kasih dari Allah). Istri patuh pada suaminya untuk mendapat ridha Allah, bila suami tidak ridha, maka ridha Allah pun akan ikut menjauh. Suami wajib menjaga kehormatan istrinya, karena itu adalah penopang kemuliaan bagi suami.
..
Rumah Tangga dibentuk dengan prinsip ‘mu’asyarah bil ma’ruf’, ini adalah perintah menggauli istri dengan baik yang dilakukan oleh suami. Dan itu diwujudkan dengan memperlakukan diri (dan keluarga masing-masing) dengan baik.
..
Tujuan pernikahan dan rumah tangga sebaiknya jangan asal mencari kebahagiaan, tapi untuk mencari berkah. Saling sinergi antara suami dan istri dalam jalan (dakwah) yang sama merupakan salah satu cara mempermudah jalan ke sana.
..
Membangun bahtera rumah tangga dimulai dari dua orang berbeda yang kemudian menjadi satu. Menjalani, mewarnai dan memaknai kehidupan pun akan menjadi jalan bersama.
..
Menentukan visi dan misi berumah tangga adalah hal paling penting, isinya harus sama. Visi dan misi sebagai seorang muslim dan mahluk Allah harus bisa menjawab 3 pertanyaan : 1) Dari mana kita berasal; 2) Mau melakukan apa saja selama hidup; dan 3) Kemana kita setelah mati??
..
Rumah tangga adalah amanah : istri adalah amanah bagi suami, begitu pula sebaliknya. Anak-anak adalah amanah bagi orang tuanya. Lingkaran ini tidak bisa diputus, karena saling berpengaruh antara satu dan lainnya. Tidak bisa amanah yang satu diambil, kemudian yang lain ditinggalkan.
..
Mendekatlah pada pengatur semesta, agar Ia menjaga niat-niat suci hamba-Nya. Jagalah hubungan keluarga dengan selalu menyirami rumah tangga dengan ilmu agama.
..
SmartParents.. Mari bergabung menimba ilmu untuk memperkuat hubungan rumah tangga bersama SmartParents Institute di Hotel Dafam Lotus Jember, Minggu 03 Desember 2017.
..
Jember, 09 November 2017
Helmiyatul Hidayati


0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)