DPR Musikal : Mawar, Kamu Ga Akan Kuat! Udah Ganti Sistem Aja!

March 27, 2024

 


Kapan lagi nge-review film pendek, type musikal lagi. Meski viralnya tahun 2021, namun film pendek garapan anak bangsa kali ini masih relate banget dengan kondisi negeri hingga detik ini. Pun lagi dengerin lagunya bisa bikin nyengir-nyengir sendiri.

 

Yup, inilah film pendek dengan durasi hanya 36 menit saja berjudul DPR Musikal. Hanya bisa ditonton di Youtube SkinniIndonesian24.

 

Karena ini adalah film pendek musikal, otomatis banyak lagu yang diperdengarkan di sini sebagai salah satu bagian dari dialog. Selain nadanya yang ramah di telinga, liriknya juga menyentuh kalbu. Bukan karena melankolis, namun memiliki makna mendalam terhadap realitas sosial yang sedang terjadi.



SINOPSIS

 

Mawar, dalam drama musikal “DPR Musikal” karya anak bangsa ini memang bukan nama sebenarnya. Sosok anggota DPR idealis yang punya cita-cita perubahan untuk Indonesia. Inti cerita drama ini dimulai dari rapat DPR yang isinya kurang lebih kaya dialog anak TK, karena suara rakyat selalu berada di urutan belakang. Menunjukkan tipikal pemimpin Indonesia yang tidak memiliki visi terhadap masa depan bangsa dan mengelabui rakyat dengan keputusan atau kebijakan jangka pendek yang sebenarnya tidak signifikan mengubah kehidupan rakyat menuju arah yang lebih baik.

 

Mawar berusaha mengajukan UU tentang Flora, Agriculture dan Kehutanan untuk menyelamatkan hutan di Indonesia dan untuk kepentingan rakyat tentunya. Tapi apa nyana, seluruh DPR seakan melawannya. RUU nya tidak didengar karena ‘tidak berpihak’ pada para pengusaha, yang menurut anggota DPR lainnya merupakan prioritas rakyat yang harus diperhatikan juga kepentingannya.

 

Sementara rakyat kasta lain dianggap tidak mempedulikan hal prioritas seperti kebakaran hutan, perubahan iklim dll. Rakyat dianggap hanya peduli hanya pada isu-isu remeh seperti skandal artis, bintang K-Pop dll, padahal topik-topik seperti itu juga sebenarnya adalah propaganda buatan untuk menyibukkan rakyat agar tidak menjadi kelompok yang kritis terhadap penguasa.

 

Ujung-ujungnya Mawar pun dilanda dilema. Tentu saja nuraninya tak setuju dengan kawannya, namun apa daya yang dia punya??

 


SISI LAIN

 

Andai Mawar tahu bahwa ini bukan sepenuhnya salah dia dan kawan-kawannya. Namun salah sistem. Dalam demokrasi, kepentingan kapitalis is numero siji. Demokrasi hanya terlihat pada saat pemilu. Setelah pemilu, para pemimpin tidak peduli lagi dengan aspirasi dan penderitaan rakyat. Seakan-akan Indonesia adalah milik mereka.

 

Selama kita masih mengadopsi aturan kehidupan ala kapitalis seperti ini, kepentingan rakyat akan selalu dikebiri. Pemangku jabatan akan bersikap ‘bodo amat’ justru terhadap hal-hal genting yang merupakan akar masalah, namun akan sangat memperhatikan justru terhadap hal-hal yang merupakan masalah cabang. Sehingga masalah demi masalah akan terus terjadi hingga bergenerasi-generasi.

 

Mawar perlu belajar dan melihat sistem kehidupan lain yang sudah terbukti berjaya selama hampir 14 abad lamanya. Masa itu adalah ketika sistem aturan Islam diterapkan dalam segala lini kehidupan, bukan hanya memberikan rahmat bagi seluruh umat manusia, namun alam juga diberkati karena Islam memiliki aturan dalam semua aspek kehidupan. Aturan ini bersifat sempurna tanpa cacat karena sumbernya langsung dari Sang Maha Kuasa dan Maha Sempurna. Itulah masa Daulah dan Khilafah Islam pada tahun 622 M – 1924 M.

 

Maka benar perkataan Prof. Mahfud MD yang sangat terkenal hingga ini, “Malaikat masuk sistem demokrasi, keluar jadi iblis”, menandakan bahwa memang ada yang salah dengan sistem kehidupan sekarang ini. Hanya dalam sistem Islam, orang-orang seperti Mawar akan bisa menyelamatkan hutan di Indonesia dengan syariah Islam.

 

 

 

You Might Also Like

1 comments

  1. "Melodic DPR: Mawar, You Will not Be Supplant the Framework!" is a strong and full call for change, mixing music and activism to challenge cultural standards. It sparks discussions and motivates people to take action in the direction of a more equitable future through its moving performances and compelling narrative. is 80 mph reckless driving in virginia|| how many points is reckless driving in virginia || is reckless driving a felony in virginia

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)