Rahasia Mudah Menguasai Bahasa Asing. Apa Saja?

July 29, 2022

 

Beberapa Bahasa Asing di Dunia. Sumber : Suara Merdeka

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa adalah salah satu senjata ampuh dan harta berharga yang bisa dimiliki oleh seseorang. Bahasa bahkan bisa pula diibaratkan sebagai pedang dengan dua sisi, ia bisa menjadi pelindung karena dengan penguasaan terhadap bahasa asing maka menghindarkan diri dari berbagai macam bentuk tipu daya. Bisa pula sebagai alat penjajahan, menguasai bahasa asing daerah tertentu diperlukan oleh para penjajah terdahulu untuk mengontrol daerah jajahannya.

 

Berkembangnya teknologi informasi masa kini, membuka akses ke berbagai negeri lainnya. Kesempatan makin terbuka, begitu pula dengan tantangannya. Salah satu tantangan tersebut tentu adalah kendala bahasa. Penguasaan bahasa asing menjadi sangat diperlukan bila ingin meraih kesuksesan, entah dalam bisnis atau berbaur dengan masyarakat yang baru. Karena komunikasi tidak akan berjalan lancar tanpa penguasaan terhadap bahasa, padahal komunikasi adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan.

 

Dunia global saat ini dan pengaruh pasar bebas dunia membuat jarak tak lagi berarti, sehingga arus komunikasi dan informasi dari mana saja bisa diakses oleh banyak orang di suruh dunia. Karena ini generasi-generasi terbaru kita menyebut diri mereka dengan ungkapan “I AM CITIZEN OF THE WORLD”.

 

Pentingnya penguasaan bahasa asing juga dirasakan oleh orang tua zaman sekarang. Sehingga tidak salah kalau sejak dini, orang tua telah menyiapkan pembelajaran bahasa asing untuk anak-anak mereka. Terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Tips mempertajam skill bahasa asing. Sumber : IG @lister.co.id

Mobilitas yang tinggi secara umum telah dirasakan oleh banyak orang, sehingga belajar bahasa asing online merupakan pilihan yang tepat. Di tengah aktifitas orang tua dan anak-anak yang sama-sama padat. Memanfaatkan platform belajar bahasa asing online seperti Lister merupakan bantuan besar. Menguasai bahasa asing menjadi lebih mudah. Selain itu, dalam proses belajar bahasa asing bisa pula melakukan tips-tips sebagai berikut :

 

1.       Niat dan Fokus

Bagaimanapun segala sesuatu memang harus dimulai dengan niat yang benar. Jika meniatkan menguasai bahasa asing karena ingin trending seperti Fiki Naki saja semangat bisa kendor saat berjumpa banyak halangan. Hal ini bisa berakibat tidak focus pada saat proses belajar. Niatkan karena memang benar-benar ingin memperoleh kebaikan, tidak hanya kebaikan di dunia, tapi juga kebaikan di akhirat.

 

2.       Disiplin dan sabar

Hal yang baru selalu tampak sulit, tak terkecuali bahasa asing. Karena hal baru biasanya memang tidak didukung oleh lingkungan. Meski telah belajar biasanya kemampuan bahasa asing akan hilang bila tidak diasah. Karena itu belajar bahasa asing perlu disiplin dan kesabaran.

 

3.       Ciptakan self program atau self challenge

Supaya hal yang dipelajari tidak cepat hilang maka perlu self program atau self challenge untuk menjaga kemampuan bahasa asing kita. Terutama bagi anak-anak, mengajaknya bicara bahasa asing secara berkala, belajar bahasa asing bersama anak, atau menciptakan permainan menarik sambil menjadikan bahasa asing sebagai topik bisa dilakukan sebagai salah satu self program di rumah.

 

4.       Pemilihan bahasa

Semakin banyak bahasa yang dikuasi memang semakin bagus. Namun bila tidak memungkinkan, selain menguasai bahasa ibu, menurut kami paling tidak ada 2 (dua) bahasa asing lain yang harus dikuasai. Bagi kami, bahasa asing yang harus dipelajari dan masuk dalam program pembelajaran bahasa asing untuk anak adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris. Bahasa Inggris, karena merupakan bahasa internasional tentu dibutuhkan dimanapun kita berada. Menguasai bahasa Arab juga merupakan hal yang penting, karena dengan menguasai bahasa Arab membuka jendela ilmu terhadap banyak hal. Penguasaan bahasa Arab akan memudahkan untuk belajar ilmu hadits, fiqih, tafsir dll

 

Baca Juga : Program Bahasa Arab Raih Keberkahan dan Kesempurnaan Ibadah dengan BahasaArab


Tips memilih kelas di Lister. Sumber : IG @lister.co.id

Selain tips di atas, ada rahasia yang akan membuat belajar bahasa asing menjadi lebih mudah, yaitu dengan memilih lister sebagai partner platform belajar. Sebenarnya platform belajar bahasa asing secara online telah banyak dijumpai. Namun lister menjadi rekomendasi kami karena memiliki keunggulan :

 

a.       Gudang Bahasa

Lister bukan platform belajar bahasa Inggris saja, di lister kita bisa belajar banyak bahasa asing mulai dari bahasa negara-negara Asia hingga Eropa. Ada bahasa Korea, Arab, Jepang, Mandarin, Belanda dll

 

b.      Banyak Pilihan Kelas

Kelas di Lister sangat banyak. Bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sesuai budget. Ada kelas untuk small kid, kid, pre-teen, teen hingga adult. Bisa juga memilih kelas private, semi private berdua, semi private atau grup. Bagi anak-anak saya merekomendasaikan kelas private sampai semi private, karena kalau anak-anak butuh perhatian lebih supaya dia tidak merasa bosan belajar dan tetap selalu bisa mempertahankan fokusnya.

 

c.       Banyak Pilihan Program

Tidak hanya kelas bahasa asing, program di lister juga banyak. Program-program ini adalah program untuk mengasah soft skill yang sangat dibutuhkan oleh kita di zaman serba digital ini. Contoh programnya antara lain Public Speaking, Grammar Masterclass, Vocabulary Building, Speaking English, mentoring Beasiswa S1-S3, university Preparation, Academic English, Academic Writing, Job Interview, Business English dan masih banyak program lainnya.

 

d.      Jadwal Flexible

Karena pembelajaran secara online, lister memiliki fleksibiltas jadwal. Materinya bisa diakses kapan saja, di mana saja dan perangkat mana saja. Bahkan bisa juga dilakukan penjadwalan ulang kelas bila ada pembatalan kelas atau perubahan jadwal. Fasilitas yang jarang sekali dimiliki oleh tempat belajar bahasa asing lainnya.

 

e.      Banyak Tutor Profesional

Tutor di Lister sudah pasti tersertifikasi dan professional. Terdiri dari tutor local, foreign dan native speaker juga. Pengajaran dengan metode yang interaktif dan efektif, serta kurikulum yang berstandar international. Belajar di Lister jadi menyenangkan tanpa merasa banyak kesulitan.

 

f.        Promo

Pendaftaran menjadi member Lister sekarang ada promo khusus. Syaratnya mudah, hanya dengan memasukkan kode promo BLOGLISTER10 pada saat melakukan pendaftaran.


Peluang Kalau Kamu Mahir Bahasa Asing. Sumber : IG @lister.co.id

 

KESIMPULAN

Setiap dari kita adalah citizen of the world, sehingga penguasaan terhadap bahasa asing merupakan salah satu kunci menghadapi cepatnya perubahan dunia. Nantinya, menguasai bahasa asing bukan lagi dipandang sebagai suatu kelebihan kemampuan, namun sebagai kemampuan yang bisa dipelajari oleh siapa saja. Semoga semakin beragam bahasa asing yang kita kuasai, semakin membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

 

You Might Also Like

9 comments

  1. Waktu anak-anak saya masih SD, mereka juga belajar bahasa Arab selain Inggris. Tetapi, setelah lulus gak dilanjutin lagi. Pengen juga mereka bisa menguasai minimal 2 bahasa asing. Gak hanya bahasa Inggris. Saya pertimbangkan deh platform ini. Buat anak saya belajar bahasa asing

    ReplyDelete
  2. Menjadi seseorang yang dapat mengerti banyak bahasa memang impian setiap orang ya, dapat mempermudah dalam berinteraksi dengan orang asing dan berguna untuk membantu orang lain

    ReplyDelete
  3. Dibuat self challenge jadi akan terus semangat belajar bahasa nya. Karena kan terpacu untuk terus mengulang mempelajarinya. Oke nih tips rahasianya

    ReplyDelete
  4. Mengerti banyak bahasa itu sebuah impian banget.. Tapi apalah daya kadang hanya sebatas pengen mendalami tapi gak di lakoni..

    ReplyDelete
  5. Jadi keingetan pengen memaksimalkan potensi 3 anakku yang kuat di bahasanya, selama ini ga dioptimalkan nih, bagus juga kalau bisa banyak bahasa.

    ReplyDelete
  6. Nggak dimungkiri memang belajar bahasa asing itu memang suatu kebutuhan ya. Apalagi, kalau bisa menguasai 2 bahasa asing, tentu akan lebih baik. Saya pun belakangan ini sedang mempertimbangkan untuk belajar bahasa asing lain selain inggris. Boleh nih rekomendasinya.

    ReplyDelete
  7. Terus terang aku iri banget sama orang yang jago berbahasa asing. Sepertinya Lister jadi pilihan bagus nih buat belajar bahasa asing, biar nggak iri mlulu.

    ReplyDelete
  8. Some truly superb blog posts on this website , thanks for contribution.

    ReplyDelete
  9. Your style is very unique in comparison to other folks I ave read stuff from.

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)