Balas Dendam


Revenge (Dendam) yang saya tahu adalah sebuah drama dari Amerika. Pemeran utamanya bernama Amanda, yang berusaha balas dendam atas kematian ayahnya pada sebuah keluarga kaya. Dengan membuat sang Pewaris jatuh cinta. Awal nonton drama ini terasa bagus, lama-lama kok jadi seperti drama Tersanjung (terlalu panjang). Saya alergi dengan drama type begini.

Tapi drama dengan latar belakang cerita seperti ini ada buanyaaakkk.. Di jagat pertelevian berbagai negara di dunia, produksinya udah bejibun. Korea, Mandarin, Thailand, Indonesia de el el. Di Korea paling suka drama oppa Lee Min Ho dalam City Hunter. Doi kan jadi “alat” balas dendam si ayah tiri yang merasa dikhianti oleh negara. Begitulah ya negara-negara yang menganut sistem kapitalis, suka bikin rakyatnya mendendam. #Eh kok jadi ngomongin drakor..


Di Indonesia, ada sebuah film (yang katanya based on true story) dengan tema balas dendam yang sampai sekarang saya ingat ceritanya meskipun baru sekali nonton dan itu sudah lama sekali. Judulnya "School", pemeran utamanya adalah seorang anak laki-laki yang di rumahnya hanya melihat orang tuanya bertengkar, kakak yang tidak peduli padanya, sementara di rumahnya ia dibully oleh teman-temannya, dianggap tidak pintar oleh gurunya. Akhirnya ia membeli sebuah senjata api dan menyandera seluruh teman-temannya. ketika polisi datang untuk bernegosiasi, akhirnya ia berakhir dengan menembak diri sendiri dengan pistolnya.



Ada sebuah cerita yang pernah saya baca, tentang wanita yang diceraikan oleh suaminya karena dia tidak pintar dalam urusan dapur. Wanita itu begitu mencintai suaminya hingga ia terpuruk karena perceraiannya. Ketika akhirnya ia bangkit ia dikenal sebagai pemilik toko kue terbesar dan terlezat di daerahnya. Dimana toko kue itu selalu dilewati oleh suaminya setiap pagi ketika ia berangkat bekerja. Nama toko itu ia beri nama “Sweet Revenge”, meskipun tanpa kata, itu adalah isyarat dari sang Istri bahwa toko kue itu adalah usahanya untuk balas dendam kepada mantan suaminya.
Saya selalu yakin sefiksi-fiksinya sebuah cerita pasti terinspirasi dari kisah nyata. Karena informasi-informasi para penulisnya memang adalah kisah-kisah kehidupan nyata. Ga ada yang lain.

Di dunia nyata pun, orang mendendam tak kalah banyak dari jumlah dramanya. Setiap orang memiliki dendam. Tapi tidak semua orang bisa balas dendam dengan cara yang manis (Sweet Revenge)

Ketika saya membaca cerita ini, saya berasa ingin makan kue yang manis. #Apasih


Ali bin Abi Thalib pun pernah berkata, “balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.”

Kalo saya bilang orang yang hijrah adalah orang-orang yang suka balas dendam dengan cara yang manis.

Orang yang hijrah, meninggalkan masa lalunya di belakang. Masa dia merasa tidak baik-baik saja. Menjemput masa yang lebih baik, supaya memiliki masa depan lebih cerah. Sedapat mungkin supaya mendapatkan Surga sebagai masa depan terbaik dari sebaik-baiknya masa depan.

Kejahiliyahan atau butanya kita pada aturan Sang Maha Pencipta adalah alasan paling tepat dan benar bagi seseorang yang melakukan balas dendam bagi dirinya sendiri. Cara terbaik melaksanakan dendam adalah dengan hijrah.

Bagi kamu yang memiliki masa lalu tak sedap. Mungkin dulu dirimu adalah orang tua yang buruk untuk anak-anakmu, istri yang tak taat pada suamimu, anak yang tidak berbakti pada orang tua. Teman yang suka menusuk dari belakang, bahkan bila kau merasa hidup ini tidak adil dll. Lakukanlah balas dendam!

Buat misi untuk melakukan balas dendam sesegera mungkin, supaya hati menjadi tenang dan akalmu tetap sehat dan terpuaskan. Sebenarnya banyak orang tidak waras akhir-akhir karena kebanyakan memendam rasa, eh memendam dendam.

Belajarlah balas dendam pada mereka yang telah sukses berhijrah. Karena benar-benar serius menjadikan diri mereka lebih baik.

Engganlah berbalik pada masa lalu yang jahiliyah. Masa dimana, bahkan kita tidak tahu bahwa Allah pula Sang Pengatur Kehidupan.

Belajar Islam yang kaffah, bukan setengah-setengah. Biar ga salah paham.

Jember, 15 Feb 19
Helmiyatul Hidayati

0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)