Kampas Rem Butuh Diganti?? Pilih Yang Akan Menenangkan Hati Ya!

June 27, 2024

 


Salah satu kebiasaan buruk (?) dari emak-emak +62 selain suka nyalain sein kanan tapi beloknya ke kiri, biasanya emak-emak Cuma bisa naikin motor, tapi kalo udah service itu bagian bapak-bapak. Emak-emak biasanya ngutek-ngutek bawang dll di dapur, bukan ngutek-ngutek onderdil motor. Bener ga mak?? Hihi

 

Jadi, emak-emak biasanya ga bakal tau kalo ada masalah pada sepeda motornya, misalnya tetiba motor mogok, oli harus diganti, rem yang tidak berfungsi dengan baik karena kampas rem harus diganti dll

 

Padahal perlu juga loh sebagai perempuan, kita tahu kondisi motor. Mana tau sepeda lagi error pas si bapak jauh di mata, tapi dekat di hati alias LDM (Long Distance Marriage) atau sedang tugas ke luar kota mencari sesuap nasi dan sebongkah berlian.

 

Sepeda motor di zaman sekarang sebagai alat transportasi sudah seperti kaki kedua, ga ada sepeda atau sepeda motor sedang dalam kondisi buruk seperti berjalan terpincang-pincang. Karena adanya kendaraan ini membantu emak-emak untuk sat-set pergi belanja, antar jemput anak, pergi bekerja, berangkat kajian dll

 

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada motor tercinta kita, yang sudah seperti teman seperjuangan sebangsa dan setanah air. Salah satu hal yang penting yang perlu diperhatikan adalah KAMPAS REM. Yup sekali lagi, kampas rem dear..

 

Sumber Foto : Facebook Planet Ban

Apa itu Kampas Rem??

 

Kampas rem adalah salah satu komponen yang ada dalam sistem pengereman sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat laju atau bahkan membuat motor kita berhenti. Cara kerjanya adalah dengan menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, dimana gesekan yang terjadi akan membuat sepeda mengurangi kecepatannya dan atau hingga menghentikan putaran roda sampai sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna.

 

Jadi kebayang kan segimana pentingnya kampas rem untuk performa sepeda kita. Selama bertahun-tahun menggunakan sepeda motor, pasti ada masa kita merasakan tiba-tiba rem terasa kurang berfungsi dengan baik, mau ngerem, tapi kok ga cepat berhenti?? Niatnya mau mengurangi kecepatan saat tikungan dengan memfungsikan rem, tapi kok sepeda masih tetap jalan dengan cepat nih?

 

Bisa jadi ada masalah dengan kampas rem-nya. Ada beberapa faktor yang membuat kampas rem tak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi hal ini wajib dihindari ya moms..

 

1.       Jarang dibersihkan

2.       Terjadi gesekan terus-menerus antara kampas rem dan cakram karena tidak ada jarak bebas antara keduanya

3.       Tidak rutin mengganti minyak rem

4.       Tidak melumasi laher sehingga mudah terjadi aus.



Tips Memilih Kampas Rem

 

Ada kalanya, kampas rem perlu diganti. Nah, kalo sudah begini jangan ragu untuk melakukannya ya, karena masalah pada sistem pengereman adalah masalah serius yang harus segera ditangani agar tidak membahayakan jiwa saat mengemudi.

 

Beberapa tips memilih kampas rem agar hati bisa tenang saat berkendara nanti.

 

1.       Konsultasi dengan mekanik

Ini adalah hal penting yang perlu kita lakukan. Konsultasi dengan mekanik atau ahli bengkel membuat kita memahami masalah yang terjadi pada sepeda motor kita. Berkaitan dengan masalah kampas rem, kita juga bisa mencari informasi terkait penggantian kampas rem karena biasanya mereka memiliki rekomendasi tertentu entah itu dari segi merk, kualitas, harga atau kecocokan kampas rem dengan sepeda motor kita.

 

2.       Pertimbangan Harga

Harga tentu merupakan hal penting yang akan menjadi pertimbangan, karena bergantung pada kualitas yang didapat dan juga isi dompet yang akan melayang. Kalo bisa sih dapat yang kualitas bagus, tapi juga ga sampai menguras dompet banget. Salah satu pilihan tepat memilih kampas rem yang memiliki kualitas bagus dan harga yang kompetitif bisa dengan membeli kampas rem di Planet ban, karena harga kampas rem Planet Ban terbukti kompetitif namun barangnya juga berkualitas. Harganya berkisaran dari kurang dari Rp. 100rb-an.

 

3.       Ketersediaan

Tentunya kita mengharapkan dia ada saat dibutuhkan. Begitu juga bila kampas rem sepeda kita butuh diganti, kita berharap kampas rem yang kita inginkan itu mudah dicari. Jangan sampai kita pulang dulu ke rumah dari bengkel gegara kampas rem yang kita inginkan sedang tidak tersedia. Kampas rem di Planet Ban selalu ready sesuai dengan permintaan customer.

 

 

Kesimpulannya, jangan meremehkan masalah kampas rem ini. Jika kita aja langsung cari obat begitu sakit, maka jika terasa ada masalah dengan sepeda motor kita terutama di bagian sistem pengereman, segera bawa ke rumah sakit #Eh bengkel terdekat ya. Jangan ragu mengganti spare part yang memang seharusnya dan butuh diganti, termasuk kampas rem ini. Semoga kita selalu sehat dan aman dalam berkendara. Aamiin..
 

You Might Also Like

6 comments

  1. Baiknya memang konsultasi dengan mekanik agar mendapatkan kampas rem yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang pabrikan, tentunya dapat yang genuine juga. Btw oengakaman di planet ban, mekaniknya ramah dan transparan juga. Tanya-tanya juga asik

    ReplyDelete
  2. Aku yang kurang perhatian ke motor akhirnya terbantu berkat artikel ini. 😁

    ReplyDelete
  3. Planet ban memang andalan banget. Penting utk selalu ngecek kendaraan kita, yg udh kayak gantinya organ kaki ya

    ReplyDelete
  4. aku yang dulu taunya cuman make sepeda motor aja tanpa mengetahui komponen dari part-part motor yang perlu diganti. Sampai bapakku bilang, "itu kampas remnya perlu diganti"
    dan aku mikir, apaan tuh kampas rem hahaha.
    Dan ternyata kita memang perlu rutin buat cek kampas rem ya, kalau mobil ibarat kayak rem blong gitu, pasti bikin parno

    ReplyDelete
  5. Konsistenin servis please.. Hehe makasih infonya mbak, bener deh.. Parno kalo kampas rem tuh, apalagi matic. Terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  6. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan ganti spare part juga ya.. Thanks infonya mba

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)