Devil Returns To School Days : Ketika Bullying Menjadi Komoditas Bisnis!

September 21, 2023

 

Antara ga ada lagi drama atau film yang belakangan ini ditonton atau membaca manhwa macam begini sekarang lebih menarik. Karena itu review kali ini adalah salah satu komik dari Korea atau yang disebut Manhwa dengan Judul Devil Returns To School Days.

 

Devil Returns To School Days adalah salah 1 (satu) dari banyak manhwa dengan tema perundungan. Drama populer Weak Hero Class 1 yang diperankan oleh Park Ji Hoon juga diambil dari manhwa yang juga bertema perundungan dengan judul Weak Hero.

 

Di Korea, kelompok yang suka menindas dan atau membully kelompok yang lain yang lebih lemah disebut Iljin. Banyaknya manhwa dan drama dari Korea Selatan bertema Iljin menandakan bahwa fakta Iljin di Korea itu emang ada. Yah emang, sefiktif-fiktifnya sebuah cerita, penulisnya pasti terinspirasi dari kisah nyata.

 


SINOPSIS

 

(Ketika tulisan ini ditulis, Devil Returns To School Days masih sampe episode 28, jadi sinopsisnya tidak lengkap)

 

Hyun Sung didorong dari atap sekolah oleh para perundungnya, ia pun berakhir koma di rumah sakit. Namun siapa sangka setelah 10 tahun koma, ia tiba-tiba mengalami regresi ke saat dia masih kelas 1 SMA. Ia pun bertekad membalas dendam atas bullying yang ia terima yang membuatnya meregang nyawa.

 

Namun dalam perjalanannya membalas dendam, Hyun Sung menyelidiki bahwa ternyata perundungan yang terjadi di sekolahnya adalah perbuatan terorganisir yang dirancang oleh kelompok Iljin bernama Golden Circle.

 

Golden Circle ibaratnya sebuah perusahaan atau pedagang yang mendapat uang dari pemalakan, atau request client untuk melakukan bullying pada target tertentu. Target bullying biasanya adalah anak terpintar di sekolah, sehingga ia mengalami depresi dan membuat nilainya turun, dengan begitu kliennya akan mengambil posisi anak terpintar tsb. Golden Circle juga mendapat uang dari orang tua yang ingin melindungi anaknya dari Iljin di sekolah.

 

Golden Circle “menempatkan” karyawan yakni para pembully di sekolah-sekolah untuk melakukan perundungan pada target yang telah ditentukan. Bukan hanya anak-anak sekolah yang bisa menjadi target, namun guru juga bisa menjadi target perundungan. Para pembully tentu akan mendapat “gaji” dari pekerjaannya sebagai perundung yang ditunjuk Golden Circle dan mendapat hukuman juga bila sampai terjadi kegagalan.

 

Hyun Sung berusaha mendapat nilai terbaik di angkatannya, dengan tujuan menghancurkan ritme kerja dan memprovokasi Golden Circle, dengan begitu Golden Circle yang marah akan datang menemuinya. Sehingga ia bisa mengetahui dalang di balik Golden Circle dan menghancurkannya.

 

PS. Ceritanya bagus ya. Kebayang ga gimana kalo ternyata di balik Golden Circle adalah penguasa yang kongkalikong dengan pengusaha?? Pelik..

 

Ilustrasi foto : ayomedan.id

SISI LAIN

 

Bukan karena bumi yang makin tua, semakin berlalunya waktu kita telah menyaksikan banyak sekali hal yang di luar nalar dan serba terbalik. Inilah zaman dimana yang baik akan dibilang buruk dan sebaliknya, yang buruk akan dibilang baik.

 

Memang terasa sangat fiktif sekali kalo mendengar bullying menjadi komoditas bisnis. Hanya setan kayanya yang bisa melakukan hal itu. Jika manusia punya hati nurani, tidak mungkin akan terjadi hal seperti itu.


Tentu saja di dalam Islam, bullying jelas dilarang, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, ... " (QS. Al Hujurat : 11)


Tapi Hey.. Sekali lagi, inilah zamannya! Zaman dimana bahkan Tuhan pun dicampakkan, tidak diakui aturannya. Jadi segala hal yang menentang hati nurani, yang sepertinya tidak akan terjadi bisa saja terjadi. Sama halnya dengan kasus ibu bunuh anak, rasanya hal itu tidak mungkin, namun di zaman kapitalisme ini ternyata kasus seperti ini tidak hanya satu-dua.

 

Kapitalisme menjadikan keuntungan sebagai basis. Selama itu mendatangkan keuntungan, tidak peduli halal atau haram pasti akan diadakan. Dulu kita menganggap prostitusi dan narkoba adalah hal yang haram. Namun di zaman sekarang, itu juga bukan hal yang mutlak haram lagi, karena di beberapa negara telah menjadi legal.

 

Beda dengan sistem kehidupan Islam, dimana standarnya adalah halal dan haram, terpaku pada hukum dan aturan dari Allah. Maka apapun zamannya, sesuatu yang diharamkan Allah akan tetap menjadi haram, hingga hari kiamat.

 

Ada sebuah hadits yang menggambarkan tentang kacaunya dunia kita saat ini, Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda: “Akan datang tahun-tahun penuh dengan kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidhah turut bicara.” Lalu beliau ditanya, “Apakah al-ruwaibidhah itu?” Beliau menjawab,“Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum” (HR Ibnu Majah).

 

Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi).

 

Di zaman yang gila ini, semoga kita tetap diberikan kewarasan meski tangan kita telah melepuh karena menggenggam bara api. Karena bila kita terhanyut oleh dunia yang di luar nalar ini, maka kita akan menjadi gila beneran kelak di akhirat karena tak sanggup menahan pedihnya adzab.

 

Semoga Allah melindungiku, melindungimu dan melindungi kita semua. Aamiin..

 

 

 

 

 

 

 

You Might Also Like

7 comments

  1. I was very interested in the article. it’s quite inspiring I should admit.

    ReplyDelete
  2. I like visiting you site since I always come across interesting articles like this one.

    ReplyDelete
  3. I found your website perfect for my needs. It contains wonderful and helpful posts.

    ReplyDelete
  4. "DEVIL RETURNS TO SCHOOL DAYS: KETIKA BULLYING MENJADI KOMODITAS BISNIS!" seems to address a critical issue about the commercialization of bullying in schools. This thought-provoking topic highlights the need for increased awareness and efforts to combat such disturbing practices. ||Monmouth County Reckless Driving Attorney || New Jersey Careless Driving Statute

    ReplyDelete
  5. The article piqued my curiosity much. I must say that it's pretty inspirational.criminal attorneys in prince william county

    ReplyDelete
  6. This kind of clever work and exposure! Keep up the excellent works.

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)