Ga Perlu Khawatir Di Masa Pandemi. Ada SehatQ Yang Siaga Menemani!

March 11, 2022

 


Masa pandemic yang kita lewati tidak sebentar ya bund? Lebih dari 2 (dua) tahun dalam kondisi begini, tentu banyak kisah yang terjadi. Suka dan duka menjadi guratan dalam mewarnainya. Kisah paling menyedihkan tentu adalah tentang kematian, baik mereka yang berada di garda terdepan menghadapi virus; maupun masyarakat sipil yang papa.

Tapi kisah baik juga tetap ada, apalagi kalo bukan tentang kelahiran. Tidak sedikit kawan kita melewati masa kehamilan dan melahirkan di masa pandemic. Lebih tidak sedikit lagi para bunda yang mendadak jadi guru full time bagi anak-anaknya karena harus sekolah dari rumah.

Beberapa kawan yang melewati masa kehamilan di masa pandemic, jadi lebih banyak cemasnya. Karena dibayang-bayangi oleh suramnya covid-19. Belum lagi kalo pasangan atau keluarga harus diisolasi, ada yang bahkan melewati masa kehamilan hingga melahirkan baby sendirian. Sedih membayangkannya.


Tapi untungnya ketika si baby lahir, ga terlalu sulit untuk memilih nama. Karena udah banyak referensinya. Ini salah satu hal penting, karena nama adalah doa. Karena kita hanya berharap kebaikan untuk sang buah hati. Baik bayi perempuan ataupun laki-laki, maka pilihlah nama yang baik.

Jadi inget, kalo tokoh tersohor di negeri kita, Atta dan Aurel barusan juga menjadi orang tua. Nama bayi perempuan mereka adalah AMEENA (Amina). Nama ini memiliki arti seseorang yang dapat dipercaya, juga merupakan nama salah seorang yang mulia, yakni ibunda Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah memberkahi mereka dan anak-anak kaum muslimin lainnya.

Berat ya menghadapi pandemi. Makanya bener banget kalo dibilang, semuanya akan menjadi kebaikan di sisi-Nya kalo kita Lillah. Duh, tapi punya hati ikhlas pun juga bukan hal mudah, butuh proses dan pembelajaran yang tidak singkat. Pokoknya pandemic ini nano-nano deh.

Jadi ingat sebuah hadist yang sering kali jadi penyemangat kala lagi gundah gulana, hadist dahsyat nih. Mengingatkan kita untuk tidak berputus-asa karena sebagai muslim kita itu beruntung, kita menakjubkan.

"Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya baik baginya dan kebaikan itu tidak dimiliki kecuali oleh seorang mukmin. Apa bila ia mendapat kesenangan ia bersyukur dan itulah yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah ia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya." (HR. Muslim).

Banyak yang kita cemaskan di masa pandemic. Tidak hanya masalah ekonomi. Apalagi kalo perempuan yang emang kodratnya banyak baper. Hal kecil bisa jadi pikiran besar (Sambil tunjuk diri sendiri). Ye kan mak?


Ketika suami mencari nafkah di luar, hati dag-dig-dug penuh harap dan doa akan keselamatan dan kesehatan beliau, dijauhkan dari segala bencana dan penyakit Dan juga tetap berharap pulang ke rumah membawa sesuatu yang bisa mempertahankan dapur tetap mengepul. Secara masa pandemic begini membuat banyak masyarakat jadi elit alias ekonomi sulit.

Ketika anak sakit, hati ketar-ketir, terkadang bikin panik. Belum lagi serentetan tugas negara lain yang sudah melekat di pundak bunda. Masih ingat ketika sakit di masa sebelum pandemic, semua berjalan senormal mungkin, tak ada masker di rumah, dan tetap bisa satu ranjang dengan si sakit. Dimana kedua hal itu sangat riskan kalo dilakukan di masa sekarang ya bund?

Dunia maya dan dunia nyata jadi super extra sibuk. Tak jarang seiring fisik yang lelah, mental pun mulai menjerit merasa tercekik.

Saat begini perlu rilex sejenak, mengadu pada-Nya dan yakin bahwa baik kesedihan maupun kegembiraan akan menjadi kebaikan atau keburukan adalah tergantung bagaimana kita memilih menyikapinya.

Tapi manusia itu sejatinya adalah makhluk yang mudah beradaptasi, dituntut kebutuhan untuk bertahan hidup. Menghadapi pandemic, butuh persiapan yang baik. Kebutuhan menjaga kesehatan adalah prioritas utama. Dan biasanya ini sangat dipikirkan oleh para ibu.

Kalo saya pribadi, bersama Sehat-Q terasa jauh lebih mudah. Website yang dikembangkan oleh kemenkes RI ini memiliki banyak fitur yang memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Mau cari obat, rumah sakit, artikel kesehatan hingga konsultasi dengan dokter bisa dilakukan di sini. Sangat mudah digunakan kok.

Bisa banget dicoba yang chingu!

 

You Might Also Like

1 comments

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)