Belajar di Rumah Jadi Mudah dan Menyenangkan dengan Ruangbelajar dari Ruangguru

July 11, 2021

 


Hampir 2 (dua) tahun lamanya, sejak trimester pertama tahun 2020, rumah telah menjadi sekolah baru bagi anak. Ibu menjadi guru pengganti di rumah, dan ayah menjadikan rumah sebagai tempat kerja. Semua terjadi karena adanya kebijakan mulai dari PSBB hingga PPKM kini, demi menekan laju pertumbuhan covid-19.

 

Di dalam rumah, dengan segala perubahan yang terjadi, tentu terjadi banyak drama. Salah satunya dating dari anak-anak, yang biasanya dulu pergi ke sekolah kini belajar via daring di rumah. Biasanya bertemu dengan guru secara langsung, kini hanya bisa berjumpa lewat layar laptop atau layar hape.

 

Ayah dan ibu di rumah juga berusaha keras beradaptasi. Meski pada dasarnya orang tua adalah pendidik juga, tentu berbeda pengajarannya seperti para guru di sekolah. Biasanya akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tidak sedikit orang tua, terutama ibu menjadi stress karena kondisi ini. Bahkan kalo kita lihat berita, sempat heboh kasus ibu membunuh anak karena anak tidak bisa diajari. Ngeri banget kan kondisi begini?

 

Ini menandakan 2 (dua) hal :

 

Pertama, mendidik anak memang tidak bisa mendadak. Perlu ilmu, perlu kesabaran, kekuatan dsb. Menjadi orang tua, terutama ibu yang biasanya akan lebih sering berhubungan dengan detail tentang anak tidak bisa dan tidak boleh cuek terhadap diri sendiri? Loh kok diri sendiri?

 

IMHO, seorang ibu harus terbuka untuk belajar juga, menjadi orang tua, istri, ibu bahkan bagian dari masyarakat, tidak bisa hanya sekedar melihat drama atau membaca bulletin. Perlu banget menuntut ilmu, terutama ilmu agama. Menuntut ilmu agama adalah cara mendekati Allah SWT, dengan dekat kepada sang Maha Pencipta maka Allah mudah memberi rahmat berupa kemudahan dalam mendidik anak. Bisa jadi itu berupa bentuk dalam kesabaran, ketenangan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas nan mulia ini.

 

Kedua, mendidik anak memang tak bisa sendiri. Selain harus bersinergi dengan pasangan. Perlu kerjasama dengan sekolah dan lingkungan serta dukungan dari pemerintah.

 

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Proses pembentukan seorang anak yang merupakan masa depan dunia. Penting untuk menjaga kondisi para pendidiknya juga.

 

Dalam hal teknis, untuk mempermudah proses ini, bisa banget orang tua mendapatkan bantuan dari pihak lain, sehingga bimbingan belajar bisa menjadi pilihan terbaik. Namun dalam memilih bimbingan belajar buat anak perlu memperhatikan beberapa hal, karena terkait dengan kondisi di masa pandemic.



RUANGGURU PILIHAN TERBAIK ORANG TUA YANG PEDULI PENDIDIKAN ANAK

 

Ruangguru merupakan sebuah aplikasi belajar online yang merupakan platform pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video dan animasi di aplikasi ponsel dan computer. Platform seperti ini penting ya, karena sekarang masa pandemic, bimbel online pun tetap pilihan yang bagus untuk mengurangi mobilitas kita di luar rumah.

 

Ruangguru ini merupakan rekomendasi terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak. Karena sangat sesuai dengan kebutuhan anak dan orang tua di masa ini. Kenapa?

 

Pertama, harganya lebih murah dibanding competitor. Sudah tau dong kalo di masa pandemic segalanya serba sulit. Jadi pertimbangan harga, termasuk dalam memilih bimbingan belajar, menurut saya tetap yang nomer satu.

 

Kedua, bentuk pembelajaran yang dekat dengan anak. Percuma murah kalo ternyata ga interaktif dan ga menarik buat anak ya bund. Untungnya di ruangguru terbantu dengan video animasi Dafa Lulu di ruangbelajar for SD.

 

Ketiga, punya banyak fitur di ruangbelajar. Variasi fitur ini dijamin ga bakal bikin anak boring. Orang tua pun bisa mendampingi dengan riang.

Fitur di ruangbelajar :

  • ruangguru PET
  • ruangguru adventure
  • jadwal belajar
  • asah otak
  • bank soal
  • laporan belajar

Bahkan di bulan Juli ini ruangguru meluncurkan beberapa fitur baru yang tak kalah menarik. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah dapto, Rencana Belajar, Subtitle Video, Fitur Pencarian, Pet Mission dan Tes Minat Bakat.


Gimana,, seru kan belajar bareng ruangguru di ruangbelajar??

You Might Also Like

6 comments

  1. Ruang guru merupakan sarana belajar bagi anak-anak Kita yang terbaik ya mbak. Daripada emaknya bingung mengajari sendiri lebih baik serahkan pada ahlinya

    ReplyDelete
  2. Gak terasa kita udah menginjak tahun kedua ya mbak menjalani sekolah daring ini. BUkan cuma anaknya yg sekolah, emaknya pun ikut sekolah, hehehe. Kalau ga ada ruang guru apa ga tambah stress nih orang tua. Bersyukur bangeruang guru jadi fasilitator belajar bagi anak

    ReplyDelete
  3. Semakin seru saja belajar dengan aplikasi ruangguru ini ya mbak, apalagi dengan kehadiran fitur-fitur baru yang baru saja diluncurkan ruangguru ini.

    ReplyDelete
  4. Fitur di Ruangguru makin legkap ya kak. Semoga anak bisa mendapatkan pembelajaran secara optimal meskipun tanpa tatap muka.

    ReplyDelete
  5. Seneng banget ada ribuan video belajar yang menarik dari ruangbelajar by ruangguru ini ya. Bikin anak-anak jadi betah dan gak jenuh garap PR nya

    ReplyDelete
  6. Pembelajaran di masa pandemi ini emang butuh effort yang lebih dari ortu. Sayangnya, ortu juga punya keterbatasan dalam mendampingi. Nah, adanya Ruang guru sangat membantu untuk semakin memahamkan anak tentang materi pembelajaran.

    ReplyDelete

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)