#TurnBackHoax


Dari dulu hoax sudah ada. Di dalam Alquran diceritakan hoax pernah menimpa Ummul Mukminin Aisyah, yaitu ketika beliau dituduh berselingkuh. Sebelum kasus itu menjadi jelas kebenarannya, Rasul sempat memulangkan Aisyah kepada ayahnya. Bayangkan betapa merananya Aisyah pada saat itu. Pada saat itu juga terjadi kegoncangan di kalangan kaum muslimin karena kaum munafikun memanfaatkan desas-desus dan membesar-besarkan fitnah.
Khalifah Ustman Bin Affan pun ditikam oleh seorang hafidz (penghafal Al-Qur’an) karena dia termakan hoax bahwa sang Khalifah melakukan korupsi. Bahkan Khalifah Ali Bin Abi Thalib pun dibunuh oleh kaum Khawarij karena mereka termakan hoax, bahwa Khalifah Ali adalah seorang penista Al-Qur’an.
Zaman sekarang, hoax mudah sekali ditemukan. Kalau Ayu Ting Ting terkenal karena ‘alamat palsu’nya, Bapak Djoko Setiadi selaku Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkenal karena kampanye #HoaxMembangun beberapa waktu lalu. Untung saja sudah ada klarifikasi kalau ternyata itu adalah ‘gimmick’.
Lanjutkan membaca : #TurnBackHoax

0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)