Dibubarkan Tak Pecah, Membubarkan Pecah

/Dibubarkan Tak Pecah, Membubarkan Pecah/


Membaca judul diatas bagaikan bermain teka-teki. Namun, ini bukan teka-teki biasa. Nyata terjadi disebuah negara, negara demokrasi. Niatnya membubarkan agar tercerai berai dan menghentikan segala aktivitasnya, ternyata sebaliknya justru semakin menguatkan diri dan bersatu pantang menyerah, terus berjuang meraih visi dan misi. Tak peduli dengan segala halangan dan rintangan yang akan dihadapi.
..
Sebaliknya, yang membubarkan justru kena imbas. Adanya konflik internal, saling pecat diantara petingginya hingga membuatnya terpecah menjadi dua kubu. Adanya pungutan mahar politik menjadi pemicu. Terbaru, katanya karena masalah leadership dan perlu diperbaiki apa masalah yang ada di leadership itu.
..
Apapun masalah yang dihadapi berakibat terpecahnya mereka adalah ketika terjadi masalah terdapat perbedaan persepsi, yang mana saling mempertahankan persepsinya berdasarkan ego masing-masing hanya. Sehingga permasalahan tak kunjung selesai. Dari sini dapat dilihat bahwa ada satu kekurangan yang dimiliki yaitu tidak adanya ikatan hakiki yang mengikat para anggota yang tergabung didalamnya. Adanya hanya kepentingan yang berbeda-beda. Saling menguntungkan satu sama lain. Ikatan yang seperti ini tentu saja rapuh, karena jika kepentingan sudah tidak ada dan keuntungan tak lagi diperoleh tanpa diminta pun akan keluar sendiri atau terjadi konflik karena beda persepsi.


Sementara pihak yang dibubarkan, karena adanya ikatan hakiki yang mengikat para anggotanya membuat mereka semakin solid dan kuat, tak terpecah. Tak peduli dengan badai yang datang menghadang tetap berjalan diatas panggung perjuangan yang mulia. Tak ada kepentingan pribadi yang dikejar, tak ada keuntungan materi yang ingin diraih. Semua semata-mata LilLah.
..
Lalu, ikatan hakiki seperti apa yang dimilikinya? Tidak lain adalah keyakinan terhadap akidahnya dan kematangannya dalam Tsaqafah yang diemban yang dijadikan sebagai ikatan. Layak tidaknya seseorang bergabung kedalamnya ditentukan dari sejauh mana pemahamannya terhadap Tsaqafah yang diemban, dan ini terjadi secara alami ketika mereka sudah melebur kedalamnya. Sehingga ikatan yang mampu mengikat mereka menjadi satu adalah akidah dan tsaqafah yang terlahir dari akidah tersebut. Sehingga badai apapun yang datang menghadang tak akan roboh begitu saja.
..
Siapa yang dibubarkan dan siapa yang membubarkan? Silakan dijawab 😊😉 dalam hati saja.
..
[assaafa_1249, 18/01/2018]
..
..
..

0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)