Dengki Yang dibolehkan

Dengki Yang dibolehkan

Tingkatan cinta kepada saudara yang paling rendah adalah berlapang dada pada yang lain.
Tidak patut seorang Muslim dengki kepada yang lain, kecuali seperti dalam hadits riwayat Bukhari bahwa Rasulullah saw bersabda " Tidak boleh dengki kecuali pada dua hal, yaitu seorang yang diberi Allah swt kekayaan dan dipergunakannya kekayaan itu untuk mempertahankan yang haq dan kepada seseorang yang diberi Allah ilmu yang dengan ilmu itu diajarkan dan diamalkannya"
[Muhammad saw Teladanku, buku 13 Rasulullah Penyayang]
°°°

Dengki merupakan salah satu penyakit hati. Dianya sering disandingkan dengan sifat iri. Hanya saja tingkatan dengki lebih parah dibandingkan iri. Karena orang yang dengki akan senantiasa merasa tidak senang jika orang lain dikarunia nikmat, atau mendapat kebahagiaan.
Akan tetapi ada pengecualian dari dua hal yang telah digambarkan oleh hadits riwayat Muslim di atas. Maka alangkah meruginya kita jika kedengkian pada hal-hal diluar dua perkara tersebut justru yang kita pelihara. Jangan sampai pahala kita habis hanya karena memupuk rasa dengki.
Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. (HR. Abu Dawud)
Wallahu a'lam bishshawaab
Ridha Zinnirah

0 komentar:

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)